Wednesday, January 07, 2009
posted by Unknown at 5:30 AM

Bacaan hari ini: Ulangan 15:12-18
Ayat mas hari ini: Ulangan 15:15
Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 20-22



Kacang lupa kulit adalah ungkapan ki­as­an untuk menyebut orang yang lu­pa akan masa lalunya dan menjadi som­bong. Misalnya, seorang gadis berasal da­­­ri desa, merantau ke kota, berhasil men­­­­ja­di artis terkenal, lalu sikap dan pe­ri­­­la­­kunya ber­ubah menjadi sok, jauh dari tata kra­ma. Ungkapan itu juga bisa dike­nakan pa­da orang yang tidak tahu ber­­te­ri­ma kasih, lu­pa akan jasa-jasa orang yang pernah me­­­­nolong dan membe­sar­kan­­nya. Seperti si Malin Kundang, tokoh dalam sa­lah satu ce­­rita rakyat dari Suma­tra Ba­rat. Malin Kun­­­dang adalah pe­mu­da yang me­raih ke­suk­­sesan di ran­tau, te­­tapi ke­mudian ia ti­dak mau meng­­a­kui ibu­­nya sen­diri, se­hing­ga di­ku­tuk men­jadi ba­­tu.

Tuhan sangat tidak berkenan dengan si­kap “kacang lupa kulit”. Itulah sebabnya berulang kali Dia meng­i­ngat­kan umat Israel tentang status mereka dulu, yaitu sebagai bu­dak-budak di Mesir, dan bahwa Tuhanlah yang telah mem­bebas­kan me­reka (a­yat 15). Tujuannya supaya mereka tetap me­ngan­dal­kan Tuhan, dan tidak berpaling kepada ilah-ilah lain. Sekaligus su­pa­ya mereka juga me­miliki empati dan kepekaan un­tuk membantu orang lain yang mem­butuhkan seperti mereka dulu (ayat 13,14).

Maka, baiklah kita terus mengingat karya kasih Tuhan dalam hi­­­dup kita, sehingga kita selalu terdorong untuk memakai segala yang ada pada kita untuk kemuliaan-Nya. Dan, baiklah kita juga ti­­­dak melupakan peran dan jasa orang lain dalam setiap kesuksesan yang kita raih, sehingga kita bisa tetap menunjukkan rasa terima ka­­sih kita ke­pada mereka. Bukan seperti kacang yang lupa pada ku­­litnya



KITA ADALAH ORANG BERUTANG KEPADA TUHAN DAN KEPADA ORANG-ORANG DI SEKITAR KITA

Labels: